Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School Siap Digelar

Surabaya- Penyelenggaraan program lingkungan hidup Surabaya Eco School bagi SMP dan SMA/SMK se Surabaya telah memasuki bulan ketiga. Pada bulan ketiga ini, dalam rangkaian program yang diselenggarakan organisasi lingkungan hidup Tunas Hijau bersama pemerintah kota Surabaya, akan digelar Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup bagi SMP dan SMA/SMK se Surabaya.

Lomba Yel-Yel itu akan diselenggarakan dalam dua hari, yaitu Sabtu, 12 November 2011 khusus untuk SMA/SMK dan Minggu, 13 November 2011 khusus untuk SMP. Pelaksanaannya mula pukul 07.30 WIB. Tempatnya di Pendopo Taman Flora Bratang Surabaya.

Menurut aktivis senior Tunas Hijau dan koordinator pembinaan Surabaya Eco School Dony Kristiawan, lomba yel-yel ini akan melombakan 2 kategori berbeda. “Kategorinya adalah SMP dan SMA/SMK. Tim yel-yel harus menyertakan surat tugas dari sekolah saat pendaftaran,” kata Dony Kristiawan.

Ditambahkan oleh aktivis Tunas Hijau Narendra Fitriansyah, yang juga koordinator Lomba Yel-Yel ini, bahwa yel-yel harus mengandung pesan peduli lingkungan hidup dan Surabaya Eco School. “Jumlah minimal anggota tim yel-yel masing-masing sekolah adalah 10 orang dari sekolah yang sama. Sekolah hanya bisa mengikutsertakan 1 tim,” kata Narendra.

Tim yel-yel tidak dibatasi hanya dari siswa saja. “Tim yel-yel bisa mengikutsertakan guru, orang tua atau warga lainnya dari sekolah. Disarankan menggunakan pernak-pernik daur ulang sampah kering (non organik) karya warga sekolah. Sebaiknya, pernak-pernik daur ulang yang digunakan tim yel-yel tidak beli,” tambah aktivis Tunas Hijau Anggriyan Permana.

Alat musik yang diperkenankan untuk digunakan sebagai pengiring yel-yel adalah alat musik yang bukan umum, yaitu alat musik yang berasal dari sampah kering (non organik) yang menghasilkan bunyi-bunyian. “Durasi maksimal penampilan masing-masing tim adalah 5 menit,” kata aktivis Tunas Hijau Satuman.

Pada lomba yang akan dilaksanakan di Taman Flora Bratang ini, masing-masing kategori lomba akan memilih 5 peserta terbaik. “5 peserta terbaik ini akan tampil pada Grand Final Surabaya Eco School untuk penentuan Juara I, Juara II dan Juara III masing-masing kategori,” tambah aktivis Tunas Hijau Ali Felindra.

Panitia tidak menanggung transportasi dan konsumsi tim yel-yel selama lomba berlangsung. Pendaftaran ditutup pada Jumat, 11 November 2011 pukul 16.00 WIB melalui email info@tunashijau.org, fax 5936994 atau markas Tunas Hijau di Semolowaru Indah I blok T nomor 10 Surabaya.

Beragam penghargaan khusus disediakan pada lomba ini. Penghargaan khusus itu diantaranya adalah kostum terunik, yel-yel terheboh, lirik terbaik, pendaftar pertama, personel paling banyak, alat musik tervariatif dan peserta paling beragam. Ada juga penghargaan khusus yang lainnya. Masing-masing penghargaan khusus itu akan menyediakan tropi dan piagam dari walikota Surabaya. Sedangkan tiga tim terbaik masing-masing kategori akan mendapatkan total hadiah uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah).

Surabaya Eco School 2011 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya. Program yang memadukan kompetisi, pembinaan dan pemantauan ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surabaya, ASUS, PPS Teflon Paint Protection, PT. Dharma Lautan Utama dan Perum Jasa Tirta I. (ron)

3 thoughts on “Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School Siap Digelar

  1. m. bachrul ulum

    ne daftar nya gmana mas-masnya.,
    saya perwakilan dari smkn 11 sby, yg brniat mengikuti lomba ni.,
    jwab ea mas., tlong ditanggapi secepatnya

Comments are closed.