Sabtu Bersih Diri, Program Lingkungan Kurangi Sampah SDN Kertajaya X

Surabaya- Program Jum’at Bersih sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh sekolah-sekolah di Surabaya. Mulai dari SD hingga SMA  telah menerapkan program ini. Seperti halnya SDN Kertajaya X yang juga rutin menggelar Jum’at Bersih. Namun ada yang berbeda dengan program yang dilaksanakan SDN Kertajaya X ini. Tidak hanya Jum’at Bersih yang mereka lakukan, ada juga Sabtu Bersih Diri. Ini terungkap saat pendataan sekolah peserta Surabaya Eco School 2012. 

Pada Sabtu Bersih Diri ini, sekolah menerapkan aturan-aturan kepada warga sekolah khususnya siswa SDN Kertajaya X. Aturan itu adalah mewajibkan warga sekolah membawa bekal makanan dari rumah. Warga sekolah juga dilarang untuk membeli makanan dari kantin dan luar sekolah. Bekal yang dibawa tidak boleh menggunakan wadah sekali pakai seperti plastik dan sterofoam. Sabtu Bersih Diri ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sampah khususnya sampah kering atau non organik seperti plastik dan sterofoam.

“Sekolah menerapkan program ini untuk memberikan kesadaran dan kebiasaan bagi warga sekolah untuk mengurangi sampah kering,” ujar Soekardji, guru SDN Kertajaya X. Semua warga sekolah wajib mengikuti program ini. Soekardji mengatakan bahwa bagi warga sekolah yang melanggar peraturan ini akan mendapat sanksi. ”Memang agak sedikit dipaksakan, tapi ini untuk kebaikan bersama,” ujar Soekardji.

SDN Kertajaya X merupakan salah satu sekolah yang aktif dalam kegiatan lingkungan. Salah satu bukti dari keaktifan mereka adalah ditunjuknya mereka sebagai perwakilan sekolah untuk titik pantau penilaian Adipura. Secara rutin mereka melakukan kegiatan lingkungan seperti pengomposan dan daur ulang sampah plastik.

“Kami memang sering ikut kegiatan lingkungan hidup. Salah satu kegiatan yang pernah kami lakukan adalah penanaman pohon yang secara berkala kami rawat,” ujar Soekardji. Kegiatan lingkungan tidak hanya dilakukan oleh siswa dan guru. Banyak wali murid yang juga mendukung kegiatan lingkungan yang dilakukan oleh SDN Kertajaya X seperti daur ulang sampah kering. (faridh)