Aksi Bersih-Bersih Selokan di SDN Gayungan 3

Surabaya- Situasi berbeda nampak di SDN Gayungan 3, yang terletak di sebelah SDN Gayungan 1. Kebersihan kamar mandi diperhatikan dengan benar oleh 30 kader lingkungan yang masih duduk di bangku kelas 4 dan 5 ini. Kader lingkungan SDN Gayungan 3 akan melakukan pengecekan rutin tentang kebersihan kamar mandi dan penghematan airnya. 

Bersih-bersih selokan di depan SDN Gayungan 3 yang tersumbat oleh banyaknya sampah plastik

“Yang kami cek di kamar mandi adalah kebersihan lantainya. Kebersihan bak mandinya juga jangan sampai ada jentik nyamuk, karena itu akan menjadi bibit penyakit. Yang terakhir, ngecek apa keran air sudah dimatikan ketika bak mandi sudah penuh,” papar Thoriq, siswa kelas 5, kepada Tunas Hijau. Tidak hanya pengecekan penghematan air, penggunaan listrik juga mereka pantau. “Setiap harinya, kami memantau. Kalau ada penggunaan listrik yang sia-sia, ya kami matikan,” imbuh Thoriq.

Tidak hanya kebersihan kamar mandi saja yang diperhatikan. Kebersihan sekolah dan sekitarnya dari sampah juga mereka lakukan. Nabila, salah satu siswa, berinisiatif untuk mengajak mereka kerja bakti membersihkan selokan yang ada di depan sekolah mereka. “Teman-teman, selokan yang ada di depan sekolah kita sering tersumbat. Bagaimana kalau kita bersihkan ramai-ramai?” tanya Nabila kepada teman-temannya. Tanpa rasa takut kotor sedikitpun, satu persatu sampah plastik yang kerap menyumbat selokan dikumpulkan kemudian dibuang ke tempat sampah.

Diakhir pembinaan, untuk menambah semaraknya gaung Surabaya Eco School di sekolah, aktivis Tunas Hijau Anggriyan Permana yang juga direktur program dihibur oleh penampilan yel-yel lingkungan oleh kader lingkungan. Mereka melakukan yel-yel dengan membawa satu pot berisi tanaman, setiap siswa dipandu oleh guru pembina lingkungan, pembinaan Surabaya Eco School di sekolah mereka ditutup dengan sajian yang manis.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama. (ryan)