Pembinaan Surabaya Eco School SDN Petemon XIII

Surabaya- Sedikitnya 30 orang siswa kader lingkungan SDN Petemon 13 berulah di pemukiman sekitar sekolah. Bukan ulah negatif, tentunya. Namun mereka membuat gaduh pemukiman warga yang terletak didekat sekolah dengan menyuarakan lagu mars sekolahnya tentang peduli lingkungan. Dengan berbekal media poster ajakan untuk menanam tanaman berbunga dan tidak membuang sampah di sungai. 

Siswa SDN Petemon XIII kampanye lingkungan hidup kepada masyarakat di sekitar sekolah

Mereka berkeliling masuk dari satu kampung ke kampung yang lain sambil membagikan tanaman berbunga kepada warga sekitar. Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan lingkungan kader lingkungan SDN Petemon 13 dalam memperingati Hari Habitat Sedunia yang diperingati setiap 5 Oktober. Peringatan hari habitat sedunia tersebut mengawali pembinaan Surabaya Eco School bersama Tunas Hijau di sekolahnya, Senin (08/10).

Dalam pembinaan ini, sebelum melakukan kampanye, mereka diajak membuat media kampanye berupa poster pentingnya menanam tanaman berbunga. Seperti yang disampaikan Rafli Bagaskara, siswa kader lingkungan sekolah ini,  tanaman berbunga mempunyai peran penting dalam menjaga habitat hewan seperti kupu-kupu dan lebah.

“Dengan menanam tanaman berbunga bisa mengundang kupu-kupu dan jenis serangga lainnya untuk hinggap di tanaman itu. Itu kan bisa menjaga melestarikan kupu-kupu supaya tidak punah,” ujar Rafli siswa kelas 6. Respon positif diberikan warga sekitar yang menerima tanaman berbunga yang dibagikan kader lingkungan ini sebagai bagian dari kampanye mereka.

Dewi Sartika menyampaikan kekaguman terhadap keberanian mereka untuk mengajak warga sekitar sekolah dalam menanam tanaman berbunga dan mengajak mereka tidak membuang sampah di sungai. “Saya akan merawat tanaman ini, karena memang di kampung saya sudah digalakkan penghijauan. Kalau masalah buang sampah di sungai, saya akan menghimbau warga untuk menjaga kebersihan sungai. Masa warga kalah sama anak kecil,” terang Dewi, ketua PKK daerah Simorejo.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama. (rian)