Café Ramli SMA Negeri 21

Oleh: Maghfirah, XI IPA 4 SMA Negeri 21

Surabaya- Sudah dua hari ini ada suasana berbeda  di SMA Negeri 21 Surabaya terutama saat jam-jam istirahat siswa. Beberapa siswa bergerombol dan berdesakan di sebuah  lorong   yang di jadikan tempat   menjajakan makanan  dan minuman. Di pintu masuk tertulis Café Ramli singkatan dari kata Ramah Lingkungan.  

Café Ramli memang baru di-launching pada hari Rabu, 19 November 2012 oleh Kepala SMAN 21 Surabaya Dra. Hj. Siti Laila, M.Pd. Berbeda dengan kantin yang memang sudah lama ada dan dikelola oleh para pedagang, café Ramli dikelola sendiri oleh para siswa “Dari Siswa Untuk Siswa”.

Tujuan diadakannnya Cafe Ramli ini untuk menanamkan jiwa Eco-preuneur pada diri siswa.  Siswa dilatih mandiri, merasakan suka duka mencari uang sehingga diharapkan nanti  mempunyai pengalaman mengatur keuangan untuk modal usaha dan hasil usaha (makanan dan minuman) yang mereka kelola. Seluruh keuntungan dari penjualan makanan dan minuman dikelola sendiri oleh siswa.

Setiap hari yang berjualan di café Ramli bergantian. Tiap kelas mendapat kesempatan menjajakan makanan dan minuman secara bergiliran. Makanan dan minuman yang mereka jual harus yang ramah lingkungan. Makanan yang ramah lingkungan diantaranya adalah makanan yang bebas pengawet, bebas penyedap, bebas pewarna dan bebas pengeyal buatan.

Sejak dua hari ini  makanan yang dijajakan  di café Ramli antara lain  jagung manis susu keju, roti bakar keju, Ubi rebus, kacang rebus, kentang goreng keju dan  es lidah buaya. Yang menarik pembungkus makanan bukan kertas atau  plastik, tetapi menggunakan daun pisang. Daun pisang selain ramah lingkungan aromanya juga sedap untuk pembungkus makanan.

Ayo teman-teman, kita dukung kegiatan yang positif ini dengan terus mengembangkan cafe Ramli sebagai wadah siswa untuk berwirausaha sehingga diharapkan menjadi siswa yang mandiri dan punya semangat untuk berusaha! Sukses Café Ramli SMAXXI !

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau, Pemerintah Kota Surabaya bersama PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama dan PPS Teflon Paint Protection.