Catatan Penting Workshop II Surabaya Eco School 2012

Surabaya- Workshop II Surabaya Eco School 2012 bagi 45 sekolah terbaik (SD, SMP/MTs dan SMA/SMK) digelar mulai besok, Jumat 23 November 2012 untuk Sekolah Dasar. Sedangkan Sabtu, 24 November 2012 untuk SMA/SMK dan Minggu 25 November 2012 untuk SMP. Pada workshop ini, masing-masing sekolah diwakili oleh 8 siswa dan 2 guru penggerak program lingkungan hidup Surabaya Eco School. 

Beberapa hal berikut ini harap diperhatikan masing-masing peserta workshop ini, yaitu:

  1. Masing-masing tim sekolah peserta workshop II diminta membawa dua laptop dan 2 modem yang akan digunakan sebagai simulasi.
  2. Masing-masing tim  sekolah membawa 1 kamera digital.
  3. Masing-masing tim sekolah membawa 2 spidol besar warna beda.
  4. Setiap orang dalam satu tim sekolah membawa botol minuman yang bisa dipakai berulang kali untuk mengurangi sampah plastik pembungkus minuman.
  5. Masing-masing tim sekolah diminta melakukan pemaparan program lingkungan yang sudah dilaksanakan, kendala dan program yang akan dilaksanakan beserta penerapan ekonomi hijau dengan menggunakan powerpoint. Masing-masing sekolah diberi waktu 3 menit untuk melakukan pemaparan.
  6. Masing-masing tim sekolah diminta untuk menyiapkan yel-yel lingkungan hidup dengan durasi waktu 1,5 – 2 menit. Yel-yel tidak perlu mengenakan kostum khusus. Yel-yel juga tidak perlu membawa alat musik daur ulang.
  7. Pelaksanaan workshop ini akan difokuskan pada simulasi kendala penerapan program lingkungan hidup masing-masing sekolah yang sudah berjalan.
  8. Tempat Workshop II Surabaya Eco School 2012 untuk SD yang semula di Ruang Pola Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya juga dipindah menjadi di Gedung Kesenian SMA Negeri 16, Jalan Raya Prapen Surabaya. Tempat Workshop II untuk SMA/SMK pada Sabtu, 24 November 2012 yang semula di Bappeko juga dipindah menjadi di Auditorium SMK Negeri 5, Jl Mayjend Prof Mustopo 167 – 169 Surabaya. Sedangkan tempat pelaksanaan Workshop Minggu, 25 November 2012 untuk SMP tetap dilaksanakan di Ruang Pola Bappeko Surabaya.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau, Pemerintah Kota Surabaya bersama  PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Surabaya Eco School 2012 didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama dan PPS Teflon Paint Protection. (ryan/ron)