Lahan Sempit Untuk Penghijauan SDN Dukuh Menanggal 1

Surabaya- Perasaan bangga masih menyelimuti raut wajah Purnomo, guru SDN Dukuh Menanggal I. “This is amazing,” ungkap Purnomo, tentang lolosnya SDN Dukuh Menanggal I dalam tahap 15 SD terbaik Surabaya Eco School 2012, Kamis (22/11). Mereka cukup termotivasi untuk menjadikan sekolah lebih ramah lingkungan hidup lagi. 

Bahkan orang tua murid juga merespon positif kegiatan siswanya. Walaupun lahan sekolah sempit, mereka bahkan bisa menuai hasil yang cukup maksimal. “Keterbatasan kami hanya lahan yang sempit, tapi kami bisa memaksimalkan program yang ada dan bisa menarik wali murid kami untuk terlibat pada program lingkungan hidup,” tutur Purnomo.

Dia juga menambahkan bahwa sekolah akan merencanakan untuk mengevaluasi program yang telah berjalan. “Kami juga akan mengevaluasi program yang telah berjalan untuk mencari kekurangan program kami,” lanjut Purnomo. Dia menjelaskan bahwa program penghijauan yang menjadi program unggulan SDN Dukuh Menanggal 1 tetap dilanjutkan. Bahkan koleksi tanaman di sekolah akan ditambah. “Kami juga akan menambah koleksi tanaman kami, seperti binahong dan markisa,” jelas Purnomo.

Selain itu, mereka juga akan mengarahkan anak untuk membuat hasil karya dari hasil kebun. “Kami juga telah mengolah hasil kebun kami menjadi jenang dan hasil karya lainnya,” terangnya. Tidak hanya itu, sampah yang dikumpulkan mencapai hasil dan kondisi tersebut mulai bisa diterima oleh wali murid mereka. “Kami telah memberikan pengertian kepada orang tua murid untuk tidak melarang anaknya berkarya dengan sampah. Sekarang sudah mendapat respon positif,” imbuhnya.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau, Pemerintah Kota Surabaya dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama dan PPS Teflon Paint Protection. (ali)