Peserta Lomba Yel-Yel SES Harus Perhatikan Durasi Penampilan

Surabaya- Pelaksanaan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School akan dilaksanakan pada akhir pekan ini. Masing-masing kategori akan dilaksanakan dalam satu hari yang berbeda dengan kategori yang lainnya. “Untuk kategori SMP akan dilaksanakan Jumat, 16 November 2012. Untuk kategori SMA/SMK akan dilaksanakan Sabtu, 17 November 2012. Khusus untuk SD akan dilaksanakan Minggu, 18 November 2012,” ujar aktivis Tunas Hijau dan Direktur Surabaya Eco School 2012 Anggriyan Permana. 

Anggriyan mengingatkan beberapa hal penting terkait dengan mekanisme yel-yel lingkungan hidup ini kepada sekolah-sekolah peserta. “Sekolah peserta agar tidak melebihi waktu maksimal 5 menit yang telah ditentukan. Penggunaan alat musik umum, meskipun hanya salah satu alat, akan mengurangi nilai penampilan tim,” pesan Anggriyan Permana.

Lebih lanjut, Anggriyan menjelaskan bahwa urutan penampilan yel-yel akan dilaksanakan melalui undian. “Peserta diminta hadir di lokasi paling lambat pukul 07.00 untuk melakukan daftar ulang dan pengambilan nomor urut tampil,” terang Anggriyan Permana. Waktu daftar ulang nanti, tim yel-yel yang belum menyertakan surat tugas pada waktu pendaftaran diminta memberikan surat tugasnya.

Adapun ketentuan lomba yel-yel adalah sebagai berikut:

- Tim yel-yel sekolah harus hadir di lokasi lomba tepat waktu, lomba dimulai pukul 07.30 WIB, sedangkan registrasi dimulai pukul 07.00 WIB;

- Durasi maksimal penampilan masing-masing tim adalah 5 menit;

- Harus menggunakan pernak-pernik daur ulang sampah kering (non organik);

- Musik yang diperkenankan untuk mengiringi yel-yel berasal dari  alat musik yang bukan umum, yaitu alat musik yang berasal dari pemanfaatan sampah kering (non organik) atau daur ulang, atau barang dengan fungsi dasar selain alat musik, yang menghasilkan bunyi-bunyian;

- Pengambilan nomor undian penampilan tim yel-yel dilakukan pada saat selesai melakukan registrasi, di pendopo Taman Flora Bratang dan bukan dionlinekan.

- Dimohon untuk Tim Yel-yel lingkungan setiap sekolah tidak menggunakan tata rias atau make up berlebih, karena mengingat lamanya waktu menunggu giliran bisa menyebabkan make up tersebut bisa luntur.

- Diharapkan tim yel-yel membawa perlengkapan sholat mengingat pelaksanaan lomba yel-yel hari pertama adalah hari jumat. Dimana memungkinkan panitia akan memberikan break untuk tim yel-yel sekolah menunaikan ibadah sholat jumat.

- Beragam penghargaan khusus disediakan pada lomba ini, diantaranya: kostum terunik, yel-yel terheboh, lirik terbaik, pendaftar pertama, personel paling banyak, alat musik tervariatif, dan penghargaan khusus yang lainnya.

- Penyerahan daftar nama anggota tim yel-yel masing sekolah dapat disampaikan paling lambat Rabu, 14 November 2012 melalui email: info@tunashijau.org atau fax 5936994, facebook: Tunas Hijau Indonesia atau ke markas Tunas Hijau di Semolowaru Indah I blok T nomor 10 Surabaya

- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Lebih lanjut, melalui yel-yel ini, diharapkan masing-masing sekolah memiliki tim yel-yel lingkungan hidup yang akan menjadi penyemangat/pengingat bagi warga sekolah untuk tetap melakukan program peduli lingkungan hidup dalam aktivitas sehari-hari sekolah.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama. (ryan)