Siswa SMP Darul Ulum 1 Kagumi Budaya Lingkungan Jawara Surabaya Eco School 2012

Jombang- Budaya peduli lingkungan hidup sekolah jawara Surabaya Eco School 2012 kategori SMP, yaitu SMPN 28 Surabaya, mendapat pujian dari 170 siswa SMP Unggulan Darul Ulum 1 Jombang. Pujian itu mereka sampaikan spontan saat pembinaan lingkungan hidup bersama Tunas Hijau di sekolah yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Sabtu (19/1). 

Pembinaan lingkungan hidup Tunas Hijau di SMP Unggulan Darul Ulum 1 Jombang, Sabtu (19/1)

“Di SMPN 28 Surabaya ini ada pembangkit listrik tenaga surya,” kata Zamroni, aktivis senior Tunas Hijau, sambil menunjukkan foto pembangkit listrik tenaga surya di sekolah itu melalui slide power point. Informasi yang disampaikan Zamroni itu dijawab serentak secara spontan oleh peserta pembinaan. “Wow,” ucap hampir seluruh peserta secara spontan.

Zamroni pun menjelaskan bahwa pembangkit listrik tenaga surya yang dimiliki SMPN 28 Surabaya bukan karena mereka membelinya, tetapi karena hadiah. “Sekolah ini berhasil membuktikan sebagai sekolah hemat energi secara terukur. Buktinya dengan penurunan penggunaan listrik bulanan selama beberapa bulan berturut-turut,” ujar Zamroni.

Berbeda dengan SMPN 28, menurut Zamroni, umumnya sekolah-sekolah banyak yang mengaku hemat listrik. “Namun, ketika ditanya buktinya, jawabannya hanya dengan menunjukkan poster atau stiker himbauan hemat listrik yang dipasang di hampir setiap saklar listrik,” terang Zamroni sambil mencontohkan poster himbauan yang dipasang di setiap saklar kipas angin pendopo SMP Unggulan Darul Ulum 1 tempat pelaksanaan pembinaan.

Kekaguman siswa SMP Unggulan Darul Ulum 1 Jombang peserta pembinaan lingkungan hidup bersama Tunas Hijau pun bertambah ketika mendapatkan penjelasan program green economy yang diterapkan di SMPN 28 Surabaya. “Di sekolah ini ada rumah jamur. Jamur yang dihasilkan pun diolah menjadi produk nugget jamur dan es krim jamur. Ada juga hutan buah dan hutan sekolah,” tambah aktivi senior Tunas Hijau ini. (ron)