Verania Septa, Siswa SMAK Stella Maris Surabaya Peraih Eco Student (Senior) of the Year 2012

Verania Septa, siswa SMAK Stella Maris Surabaya peraih penghargaan Eco Student (Senior) of the Year 2012

Seperti layaknya sebuah pemantik api, Verania Septa Perdana menjadi pemicu semangat bagi teman-temannya yang tergabung dalam tim eco school SMAK Stella Maris Surabaya. Bersama teman-temannya, Verania aktif dalam melakukan kegiatan lingkungan seperti pemilahan sampah dan pembibitan tanaman pertanian atau urban farming.

Dalam melakukan kegiatan lingkungan, Verania tampak menjadi siswa paling aktif dan penggerak teman-temannya, seperti saat melakukan operasi pemilahan sampah di kelas-kelas. Verania menjadi siswa yang tampil di depan menyampaikan tentang pemilahan sampah di kelas 10. “Teman-teman, hari ini, kami ingin mengecek pemilahan sampah yang ada di kelas kalian. Sampah kering itu kertas dan plastik. Sedangkan sampah basah itu untuk sisa makanan,” terang Verania dengan nada tegasnya.

Pemilahan sampah dilakukan untuk memudahkan tim eco school SMAK Stella Maris dalam menjalankan program bank sampah yang sudah berjalan hampir dua tahun ini. “Setiap hari sepulang sekolah, saya bersama teman-teman mengolah sampah botol yang sudah terkumpul di kelas-kelas dan disetorkan oleh ketua kelas untuk program bank sampah,” ujar Vera sapaan akrab Eco Student of the Year 2012 kategori SMA/SMK ini.

Setelah terkumpul semua, Verania dan tim eco school SMAK Stella Maris masih harus keliling untuk mencari sampah botol yang mungkin ada di halaman sekolah. Setiap satu bulan sekali, sampah yang terkumpul pada bank sampah mereka jual.

“Hasil penjualan sampah botol dan kertas dari bank sampah kami gunakan untuk mengadakan kegiatan lingkungan. Seperti lomba poster lingkungan dan pembibitan tanaman pertanian,” jelas Verania, siswa kelas 11 ini.

Dalam lomba poster lingkungan, pemenang lomba poster mendapatkan kesempatan posternya dibingkai kemudian dipajang di lingkungan sekolah, selain mendapatkan reward dari sekolah. lomba poster lingkungan ini sebagai media sosialisasi mengajak siswa yang lain untuk lebih peduli lingkungan, terutama lingkungan di sekolahnya.

Verania bersama tim eco school SMAK Stella Maris Surabaya saat menyosialisasikan program lingkungan hidup kepada warga sekolah

“Kami ingin mengajak siswa lain agar ikut memikirkan kondisi lingkungan seklah, dengan mengeluarkan ide-ide kreatif melalui poster lingkungan tersebut. Kami tidak ingin kegiatan lingkungan di sekolah hanya melibatkan tim eco school saja, “ tutur Verania Septa Perdana.

Sementara itu, botol dan gelas plastik yang sudah tidak bisa dijual, dimanfaatkan untuk memperbanyak tanaman pertanian yang ada di sekolah. Sebelumnya, mereka sudah mempunyai tanaman sawi dan kangkung. Untuk mengurangi sampah plastik ini, mereka akan menggunakan sampah botol dan gelas plastik untuk menanam cabai dan terong.

Disampaikan oleh Verania bahwa tim eco school SMAK Stella Maris berhasil merasakan panen sawi dan kangkung untuk pertama kalinya. ”Kami sudah sering panen sawi dan kangkung. Kami juga mengajak kepala sekolah untuk memanen langsung tanaman sawi dan kangkungnya. Kepala sekolah sangat senang dan bangga terhadap kinerja tim eco school SMAK Stella Maris,” ucap Verania kepada Tunas Hijau.

Surabaya Eco School 2012 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya dengan tema Wujudkan Pola Hidup Ekonomi Hijau Sekolah. Program yang memadukan kompetisi dan pembinaan ini diselenggarakan oleh Tunas Hijau, Pemerintah Kota Surabaya dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Dharma Lautan Utama, PPS Teflon Paint Protection dan Bank Jatim. (ryan)