Usai Inspirasi SDN Kaliasin V, Pulang Naik Bemo Pengalaman Unik Puteri LH 2012

Oleh : Talitha Aurora

Ada cerita seru dibalik roadshow Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2012 yang saya gelar bersama kakak Tunas Hijau di SDN Kaliasin V. Cerita seru tersebut adalah dalam roadshow lingkungan tersebut, saya menjadi artis dadakan, semua warga sekolah meminta tanda tangan, foto bersama bahkan sampai meminta nomer handphone. Keseruan tersebut saya dapatkan setelah saya memandu warga sekolahnya untuk bermain ular tangga lingkungan berukuran 6 x 6 meter yang memuat banyak pesan lingkungan di setiap kotaknya.

l

Talitha Aurora, Puteri LH 2012, memandu permainan ular tangga liingkungan dalam roadshow Pangeran dan Puteri LH juga di SDN Kaliasin V

Salah satu kegiatan roadshow lingkungan yang terus dilakukan adalah memperkenalkan proyek lingkungan budidaya tanaman sirih. Saya memandu anak-anak kelas 5 untuk membuat tanaman rambat atau gantung menggunakan tanaman sirih. Di sekolah yang berlokasi di Jalan Keputran Kejambon nomor 67, saya mengajak mereka untuk menanam sirih menggunakan media polibag dan pot-potan. Pengalaman berbagi pengetahuan kepadal anak-anak ini saya lakukan dengan cara yang menyenangkan, bisa melalui permainan menarik.

Tidak hanya berbagi pengetahuan saja, saya mengajak anak-anak untuk mencoba pengalaman baru membuat kertas daur ulang dari pemafaatan sampah kertas bekas di sekolah.  Antusiasme warga sekolah tentang pengolahan sampah kertas ditunjukkan saat saya mengajak salah seorang siswa untuk praktek langsung membuat daur ulang kertas menggunakan screen pencetak kertas. Perasaan senang, ceria dan penuh antusias setelah berhasil membuat satu kertas daur ulang mengundang warga sekolah yang lainnya untuk mencoba membuatnya.

Talitha Aurora, Puteri Lingkungan Hidup 2012 bersama aktivis Tunas Hijau, memandu proses pembuatan daur ulang kertas bekas menjadi kertas baru dalam roadshow SES 2014

Talitha Aurora, Puteri Lingkungan Hidup 2012 bersama aktivis Tunas Hijau, memandu proses pembuatan daur ulang kertas bekas menjadi kertas baru dalam roadshow SES 2014

Keseruan roadhsow lingkungan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2012 tidak berhenti sampai disini. Saya mengajak mereka untuk bermain sambil belajar mengenai isu-isu lingkungan yang ada menggunakan ular tangga lingkungan. Dengan ukuran 6 x 6 meter bertema pedulii air, saya memandu anak-anak SDN Kaliasin V untuk belajar sambil bermain. Keceriaan wajah mereka yang bermain sambil membaca berbagai macam pesan lingkungan yang ada pada setiap kotak ular tangga lebih mudah dipahami anak-anak.

Dalam roadshow lingkungan ini, saya mengajak anak-anak SDN Kaliasin VII untuk membuat kertas daur ulang. Saya meminta mereka untuk mencari dan mengumpulkan sampah kertas untuk diolah menjadi bubur kertas. Berbahan seperti screen sablon dan kayu untuk menampung bubur kertasnya dan mengolahya menjadi barang yang berguna.

“Kalau pengolahan sampah khusus kertas sudah siap dimanfaatkan, biasanya diubah menjadi kertas baru lagi. Uniknya lagi, saat selesai roadshow lingkungan, Pengalaman berharga yang masih saya ingat adalah pulang sekolah naik angkot bersama dengan guru-guru dan teman-teman lainnya.