Lomba Yel-Yel Surabaya Eco School Sebenarnya Untuk Menyemangati Warga Sekolah

Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup yang diselenggarakan dalam rangkaian program Surabaya Eco School 2013, yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT. Pembangkitan Jawa-Bali,  dimulai pagi ini, Minggu (29/9), untuk penyisihan kategori Sekolah Dasar. Penyisihan kategori SMA/SMK akan dilaksanakan Sabtu, 5 Oktober.  Sedangkan penyisihan kategori SMP akan dilaksanakan Minggu, 6 Oktober 2013. 

Taman Prestasi menjadi tempat pelaksanaan penyisihan ketiga kategori lomba yang selalu dihelat dalam rangkaian Surabaya Eco School, yang pertama kali digelar 2011. Pemilihan Taman Prestasi bukan tanpa alasan, mengingat selama dua tahun pelaksanaan sebelumnya selalu dilaksanakan di Taman Flora Bratang.

Keluarga siswa anggota tim yel-yel yang terlibat diharapkan bisa serta merta peduli lingkungan

Keluarga siswa anggota tim yel-yel yang terlibat diharapkan bisa serta merta peduli lingkungan

Alasan utamanya adalah Taman Prestasi, yang terletak di Jalan Ketabang Kali, di belakang Gedung Negara Grahadi, lebih mendukung tema yang diusung Surabaya Eco School 2013. Tema itu adalah Wujudkan Konservasi Air di Sekolah.  Spot yang dimaksud adalah sungai legendaris Kota Surabaya, yaitu sungai Kalimas, yang letaknya bersebelahan dengan Taman Prestasi.

Alasan lain dipilihnya Taman Prestasi adalah suasana berbeda yang ingin dibuat dari pelaksanaan dua tahun sebelumnya. Dan, alasan yang tidak bisa dipungkiri lain adalah Taman Flora Bratang dan Taman Prestasi sama-sama memiliki panggung memadai dan bisa digunakan gratis. Para pengunjung kedua taman ini juga tidak perlu merogok kocek untuk membeli tiket masuk, kecuali tiket parkir bagi yang membawa kendaraan.

Apapun alasan dipilihnya Taman Prestasi sebagai tempat pelaksanaan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2013, lomba ini bukanlah tujuan akhir. Maksudnya, lomba ini hanyalah alat bagi sekolah-sekolah untuk menyebarkan pesan peduli lingkungan dengan bahasa yang lebih universal dan lebih menarik, yaitu musik, lirik lagu dan gerak.

Bahwa pelaksanaan lomba ini dilaksanakan di tempat yang selalu diakses masyarakat umum, itu adalah upaya untuk menyebarkan ajakan dan pesan peduli  lingkungan. Bahwa lomba ini bukan tujuan akhir, dimaksudkan bahwa aktivitas pemberian semangat peduli lingkungan perlu terus dilakukan masing-masing tim sekolah agar terus melakukan upaya nyata untuk mewujudkan bumi yang lebih baik. Bukannya yel-yel lingkungan itu hanya akan berakhir pada pelaksanaan lomba ini.

Semoga dengan penyelenggaraan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2013 yang didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surya Sembada, PT. Dharma Lautan Utama dan PPS Autoshine ini bisa terus membuat pelaku perbaikan lingkungan tetap fun. Bisa mengajak banyak orang peduli lingkungan dengan cara fun. Dengan perwujudan lingkungan hidup yang bisa dicapai.

Surabaya Eco School adalah program lingkungan hidup berkelanjutan bagi sekolah-sekolah Surabaya. Pada pelaksanaan 2013 ini, tema yang diangkat adalah Wujudkan Konservasi Air di Sekolah. Surabaya Eco School 2013 didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surya Sembada, PT Pertamina, Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, Telkomsel Indonesia(ron)