Lomba Yel-Yel Surabaya Eco School 2013 Akan Digelar di Taman Prestasi

Seperti halnya pelaksanaan 2011 dan 2012, program Surabaya Eco School 2013 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT. Pembangkitan Jawa-Bali juga akan disemarakkan dengan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup. Pelaksanaan lombanya akan dilaksanakan pada 3 hari yang berbeda. Minggu, 29 September untuk Sekolah Dasar dan Sabtu, 5 Oktober untuk SMA/SMK. Sedangkan pelaksanaan SMP akan dilaksanakan Minggu, 6 Oktober 2013. 

posterlombayelyel-smBerbeda dengan pelaksanaan Lomba Yel-Yel Surabaya Eco School dua tahun sebelumnya, tempat pelaksanaan tahun ini adalah di Taman Prestasi Surabaya. Tepatnya di belakang Gedung Negara Grahadi Surabaya, yang berbatasan langsung dengan sungai Kalimas. “Semua penampilan peserta akan dilaksanakan di panggung utama taman ini. Suasananya lebih bernuansa konservasi air karena bersebelahan dengan sungai legendaris warga Surabaya,” kata Direktur Surabaya Eco School 2013 dan Aktivis Senior Tunas Hijau Satuman.

Agar lebih leluasa dalam pergerakan tim saat tampil, Tunas Hijau menyarankan agar masing-masing pemimpin masing-masing tim menyurvei tata letak panggung. “Sebaiknya perwakilan masing-masing tim yel-yel melakukan survei panggung yang akan digunakan untuk penampilan dulu. Biar lebih optimal gerak saat penampilan lombanya. Survei bisa dilakukan sendiri,” ujar Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni.

Adapun ketentuan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2013 yang juga didukung PPS Teflon Paint Protection, PT. Dharma Lautan Utama, PT. Indonesia Technology & Energy International dan Millennium Kids Australia ini adalah sebagai berikut:

1.  Kategori peserta lomba ada tiga, yaitu SD, SMP dan SMA/SMK

2.  Tim yel-yel harus menyertakan surat tugas dari sekolah saat pendaftaran ulang

3.  Yel-yel harus mengandung pesan peduli lingkungan hidup dan “Surabaya Eco School”

4.  Tim yel-yel harus hadir di lokasi tepat waktu. Nomor urut tampil berdasarkan nomor urut pendaftaran

5.  Jumlah minimal anggota tim yel-yel masing-masing sekolah adalah 10 orang dari sekolah yang sama;

6.  Sekolah hanya bisa mengikutsertakan 1 tim;

7.  Tim yel-yel bisa mengikutsertakan guru, orang tua atau warga sekolah lainnya;

8.  Harus menggunakan pernak-pernik daur ulang sampah kering (non organik);

9. Alat musik yang diperkenankan untuk digunakan sebagai pengiring yel-yel adalah alat musik yang bukan umum, yaitu alat musik yang berasal dari sampah kering (non organik) yang menghasilkan bunyi-bunyian;

10. Durasi maksimal penampilan masing-masing tim adalah 5 menit;

11. Panitia tidak menanggung transportasi dan konsumsi tim yel-yel selama lomba berlangsung;

12. Tiga tim terbaik masing-masing jenjang/kategori akan tampil pada Grand Final Surabaya Eco School 2013 untuk penentuan Juara I, Juara II dan Juara III;

13. Pendaftaran ditutup pada H-3 dari tanggal pelaksanaan melalui email: ses@tunashijau.org atau fax 5936994 atau markas Tunas Hijau di Semolowaru Indah I blok T nomor 10 Surabaya

14. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

15. Beragam penghargaan khusus disediakan pada lomba ini, diantaranya:

-    Kostum terunik

-    Yel-yel terheboh

-    Lirik terbaik

-    Pendaftar pertama

-    Personel paling banyak

-    Alat musik tervariatif

Dan/atau penghargaan khusus yang lainnya.

Surabaya Eco School adalah program lingkungan hidup berkelanjutan bagi sekolah-sekolah Surabaya. Pada pelaksanaan 2013 ini, tema yang diangkat adalah Wujudkan Konservasi Air di Sekolah. Surabaya Eco School 2013 didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (ron)