Michaela Newnham Juri Kehormatan Penyisihan Yel-Yel Sekolah Dasar

Michaela Newnham, simpatisan Tunas Hijau dari Amerika Serikat yang juga istri Konjen Amerika Serikat di Surabaya saat menyampaikan ekspresinya di panggung utama

Michaela Newnham, simpatisan Tunas Hijau dari Amerika Serikat yang juga istri Konjen Amerika Serikat di Surabaya saat menyampaikan ekspresinya di panggung utama

SURABAYA – Taman Prestasi, yang terletak di Jalan Ketabang Kali dan bersebelahan dengan sungai Kalimas, Minggu pagi (29/9), benar-benar berbeda dengan biasanya. Lebih dari empat ribu orang memadati taman yang dikelola oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya itu. 

Sebagian besar dari pengunjung taman itu memadati depan panggung utama taman itu untuk menyaksikan penyisihan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2013 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT. Pembangkitan Jawa-Bali.

45 tim yel-yel Sekolah Dasar se-Surabaya tampil pada penyisihan itu. 45 sekolah itu adalah SDN Nginden Jangkungan II, SDK Stella Maris, SDN Kertajaya, SDN Bubutan IV, SDN Dukuh Menanggal I, SDN Wonokusumo IX, SDN Kaliasin I, SDN Kaliasin VII, SDN Sememi I, SDN Rungkut Menanggal I, SDN Gunungsari I, SDN Tanah Kali Kedinding VIII, SDN Kapasan V, SDN Sumberrejo II, SDN Kaliasin III, SDN Sumur Welut III, SDI At Taqwa, SDN Menanggal 601, SD Raden Patah dan SDN Kandangan I.

Sekolah yang lainnya adalah SDN Pradah Kali Kendal I, SDN Sambikerep II, SDN Barata Jaya, SDN Tandes Lor, SDN Dukuh Kupang II, SDN Kandangan III, SDN Gubeng I, SDN Tandes Kidul I, SDN Gayungan III, SDN Gading III, SD Al Uswah, SDN Klampis Ngasem I, SDN Bibis 113, SDN Made II, SDN Kandangan II, SDN Made I, SDN Perak Barat Kawasan, SDI An Nur Simo, SDN Semolowaru I, SDN Dupak V, SDN Gayungan I, SDN Pacar Keling III, SDN Rangkah VII, SDN Manukan Wetan IV dan SDN Perak Barat IV.

Penyisihan yang didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surya Sembada, PT. Dharma Lautan Utama dan PPS Autoshine ini semakin marak dengan kehadiran seorang ekspatriat dari Amerika Serikat. Dia adalah Michaela Newnham, simpatisan Tunas Hijau yang juga istri Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

“Sangat ramai dan banyak orang yang menyaksikan kegiatan ini. Luar biasa,” kata Michaela Newnham kepada Tunas Hijau di sisi kiri panggung utama, sesaat setelah penampilan tiga tim pertama. Pada penyisihan kategori Sekolah Dasar ini, Michaela juga didaulat sebagai juri kehormatan.

Penampilan tim yel-yel SDN Rangkah VII dengan jumlah peserta paling banyak

Penampilan tim yel-yel SDN Rangkah VII dengan jumlah peserta paling banyak

Beragam komentar pujian dan kritik dia ucapkan dengan jujur seiring dengan penampilan tim-tim peserta. Karya kostum daur ulang dan penggunaan alat musik dari sampah non organik banyak mendapat pujian dari Michaela. Keterlibatan orang tua, guru dan kepala sekolah sebagai bagian dari tim sekolah juga mendapat pujian dari Michaela.

Kritik pun beberapa kali disampaikan Michaela. “Bahan kostum daur ulang bersih sekali. Bukan dari sampah,” kata Michaela menyikapi beberapa sekolah yang menggunakan barang baru untuk bahan kostum daur ulang. Tidak luput dari penilaian Michaela adalah adanya segelintir tim sekolah yang menggunakan alat musik umum, yang bukan dari sampah non organik.

Surabaya Eco School adalah program lingkungan hidup berkelanjutan bagi sekolah-sekolah Surabaya. Pada pelaksanaan 2013 ini, tema yang diangkat adalah Wujudkan Konservasi Air di Sekolah. Surabaya Eco School 2013 didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surya Sembada, PT Pertamina, Hotel Bisanta Bidakara Surabaya, Telkomsel Indonesia (ron)