Titik Kumpul Eco Action V Akhir Pekan ini Berpindah

SURABAYA Lokasi Eco Action V Surabaya Eco School 2013 akhir pekan ini, Sabtu 30 November, di jalur hijau Jalan Raya Perak Barat ternyata sedikit berbeda dibandingkan jalur hijau lainnya. Permukaan tanah jalur hijau ini lebih tinggi sekitar 40 cm dibandingkan permukaan jalan raya.  Keistimewaan ini salah satu penyebab kenapa Walikota Surabaya Tri Rismaharini meminta secara langsung kepada Tunas Hijau untuk menyelenggarakan pembuatan lubang resapan biopori di jalur hijau ini. 

Jalur hijau Jalan Raya Perak Barat yang menjadi lokasi Ngebor Lubang Resapan Biopori pada Eco Action V Surabaya Eco School 2013 Sabtu ini

Jalur hijau Jalan Raya Perak Barat yang menjadi lokasi Ngebor Lubang Resapan Biopori pada Eco Action V Surabaya Eco School 2013 Sabtu ini

“Fakta lapangan yang kami dapat di lokasi Eco Action V nanti ternyata permukaan tanah jalur hijaunya cukup tinggi jika dibandingkan jalan raya. Jika air hujan tidak meresap ke tanah, tentu akan langsung meluber ke jalan raya. Titik awal pembuatan lubang resapan nanti dimulai dari gapura Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke arah Pelabuhan,” kata Dony Kristiawan, Aktivis Senior Tunas Hijau saat pengecekan lokasi di jalur hijau Jalan Raya Perak Barat, Kamis (28/11).

Untuk memudahkan mobilitas peserta Eco Action akhir pekan ini, titik kumpul atau meeting point peserta dipindah ke Komplek Pendidikan Barunawati Jalan Perak Barat no 173. “Acara Eco Action V ini akan tetap dimulai pukul 08.00 WIB. Diharapkan peserta untuk memakai pakaian olahraga serta hadir tepat waktu,” jelas Aktivis Senior Tunas Hijau dan Direktur Surabaya Eco School 2013 Satuman.

Lokasi Eco Action V Surabaya Eco School 2013 berada di dekat Gapura Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke arah pelabuhan, di seberang komplek sekolah Baranuwati

Lokasi Eco Action V Surabaya Eco School 2013 berada di dekat Gapura Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke arah pelabuhan, di seberang komplek sekolah Baranuwati

Eco Action V yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT. Pembangkitan Jawa-Bali ini terbuka bagi semua sekolah. “Bagi sekolah-sekolah finalis Surabaya Eco School 2013, keikutsertaan pada Eco Action V ini berkaitan dengan penambahan poin untuk penentuan sekolah terbaik,” tambah Satuman. Individu atau kelompok masyarakat juga bisa mengikuti kegiatan ini. Konfirmasi pendaftarannya melalui telpon/fax 031-5936994, email ses@tunashijau.org, atau telpon seluler 082131168624.

Seperti kegiatan Eco Action yang sebelumnya, pada kegiatan aksi ini juga akan disediakan beragam hadian undian. Masing-masing peserta akan mendapatkan kupon undian. “Hadiahnya beragam dan cukup menarik. Ada barang oleh-oleh khusus Ibu Walikota Surabaya dari Jepang. Ada juga voucher menginap gratis di hotel  Bisanta Bidakara Surabaya dan beragam hadiah menarik lain,” tambah Aktivis Senior Tunas Hijau Anggriyan Permana.

Surabaya Eco School adalah program lingkungan hidup berkelanjutan bagi sekolah-sekolah Surabaya. Pada pelaksanaan 2013 ini mengangkat tema mewujudkan konservasi air di sekolah. Surabaya Eco School 2013 didukung oleh PT Telkom Indonesia Tbk. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surya Sembada, PT Dharma Lautan Utama dan PPS Autoshine. (MD/ro)