Sabtu Lusa , SMAK St. Louis I Ajak 10 Sekolah Buat Lubang Resapan Peringati Hari Valentine

SURABAYA – Momen hari kasih sayang atau valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari, dimaknai berbeda oleh kader lingkungan SMAK St. Louis I. Sekolah jawara Surabaya Eco School 2013 ini akan merayakan hari kasih sayang dengan menggelar gerakan 100 lubang resapan di jalur hijau jalan Ir Soekarno, Sabtu (15/02) mendatang. 

Kader lingkungan SMAK St Louis I melakukan persiapsebelum kegiatan pembuatan lubang resapan biopori di jalur hijau Jalan Ir. Soekarno

Kader lingkungan SMAK St Louis I melakukan persiapsebelum kegiatan pembuatan lubang resapan biopori di jalur hijau Jalan Ir. Soekarno

Informasi tersebut disampaikan oleh Alex Sandra Herlina, guru pembina lingkungan, yang mengatakan peringatan hari kasih sayang merupakan makna yang luas. “Kami merayakannya dengan memberikan kasih sayang kami kepada bumi dengan membuat lubang resapan biopori,” ucap Alex Sandra Herlina.

Dalam gerakan pembuatan lubang resapan biopori tersebut, sekolah yang terletak di Jalan Polisi Istimewa ini turut mengundang 10 sekolah lainnya untuk terlibat langsung dalam pembuatan resapan air hujan di jalur hijau. “Kami ingin mengundang sekolah lain untuk berpartisipasi dalam perayaan hari kasih sayang ini, dengan menggunakan dreescode merah,” ucap Alex Sandra Herlina.

“10 sekolah lain yang turut berpartisipasi diantaranya SMAK St. Louis II, SMK St. Louis, SMAK Santa Maria, SMAK Stella Maris, SMAK St. Hendricus dan SMAN 9. Masing-masing sekolah diwakili oleh 10 perwakilan baik siswa maupun guru,” ucap Alex Sandra Herlina.

Berbagai persiapanpun dilakukan oleh kader lingkungan, salah satunya adalah menyiapkan pipa paralon yang digunakan untuk penahan lubang resapan.  “Sebelum pelaksanaan kegiatan lusa, anak-anak terlebih dahulu mempersiapkan pipa paralon yang akan digunakan dengan memotong pipa menjadi ukuran 20 – 25 cm,” ucap Alex Sandra Herlina.

Kader lingkungan SMAK St. Louis I mempersiapkan pembuatan penutup pada pipa paralon untuk kegiatan lubang resapan biopori di jalur hijau Jalan Ir. Soekarno sabtu lusa

Kader lingkungan SMAK St. Louis I mempersiapkan pembuatan penutup pada pipa paralon untuk kegiatan lubang resapan biopori di jalur hijau Jalan Ir. Soekarno sabtu lusa

Selain itu, Alex Sandra, guru yang juga seorang dokter ini mengatakan bahwa titik temu kegiatan pada sabtu depan adalah  di depan gedung Esa Sampoerna. “Titik temu untuk kegiatan ngebor biopori sabtu depan adalah di depan gedung Esa Sampurna, sedangkan parkir kendaraannya bisa disamping gedung di tanah lapang,” ucap Alex Sandra Herlina.

Dalam kegiatan ngebor lubang resapan biopori di jalur hijau jalan Ir. Soekarno ini, sebanyak 100 lubang resapan biopori menjadi target yang akan dibuat oleh SMAK St Louis bersama 10 sekolah undangan lainnya. “Lokasi pengeboran lubang resapan biopori adalah sejauh 50 meter dari jarak titik kumpul di jalur hijau depan gedung Esa Sampurna,” imbuh Alex Sandra Herlina.

Sementara itu, dalam gerakan pembuatan lubang resapan biopori untuk merayakan hari kasih sayang ini, sekolah juara program Surabaya Eco School 2013 ini berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik. “Kami berupaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menyediakan galon dan gelas untuk minuman peserta nanti,” ucap Alex Sandra. (ryn)