500 Pohon Cemara Udang Bantuan PGN Siap Ditanam di Pantai Kenjeran

SURABAYA – 500 pohon cemara udang bantuan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk – perusahaan dengan motto energy for life, melalui program lingkungan hidup berkelanjutan bagi sekolah-sekolah Surabaya, yaitu Surabaya Eco School 2014, siap ditanam di sepanjang pantai Kenjeran. 

Pepohonan cemara udang yang tumbuh besar di pantai Lombang, Sumenep, Madura. Diharapkan 500 pohon cemara udang bantuan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk juga akan tumbuh subur seperti ini di pantai Kenjeran

Pepohonan cemara udang yang tumbuh besar di pantai Lombang, Sumenep, Madura. Diharapkan 500 pohon cemara udang bantuan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk juga akan tumbuh subur seperti ini di pantai Kenjeran7

Penananaman 500 pohon cemara udang di sepanjang pantai Kenjeran direncanakan dilakukan oleh lebih dari 1000 orang peserta Kongres Pelajar Nusantara, Minggu (9/11). Kongres Pelajar Nusantara diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya dengan didukung Tunas Hijau dengan peserta perwakilan ketua OSIS SMP dan SMA/SMK kabupaten dan kota se Indonesia. Sedangkan Surabaya Eco School 2014 yang diselenggarakan mulai Agustus – Desember 2014 diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali.

500 pohon cemara udang (Casuarinaceae) yang akan ditanam di sepanjang pantai Kenjeran itu didatangkan khusus dari tempat pembibitan di kabupaten Sumenep, tepatnya di pantai Lombeng dan pantai Slopeng. Kedua pantai ini sebelumnya sangat dikenal sebagai pantai dengan pepohonan cemara udangnya. 500 pohon itu telah sampai di lokasi Jumat (7/11) malam.

Pada aksi tanam pohon cemara udang di pantai Kenjeran yang juga akan diikuti oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini ini, masing-masing pohon akan ditanam oleh 2-3 orang peserta dan pendamping Kongres Pelajar Nusantara. Semua lubang tanam telah disiapkan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Kebersihan Pertamanan Surabaya.

Bersamaan dengan penanaman pohon cemara udang oleh peserta dan pendamping Kongres Pelajar Nusantara 2014 itu, di pantai Kenjeran juga digelar dua kegiatan bertema lingkungan hidup lainnya. Yaitu bersih-bersih pantai Kenjeran yang akan melibatkan lebih dari 5000 pelajar Surabaya dan Parade Mural Konservasi Air. (ron)