Michaela Kagumi Taman Nasional Mini ala SMPN 23

SURABAYA – Roadshow Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2014 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali di SMPN 23, Kamis (27/11), berbuah apresiasi khusus dari Michaela Newnham, pemerhati lingkungan hidup internasional yang juga simpatisan Tunas Hijau dan istri Konjen Amerika Serikat. 

Michaela Newnham didampingi Mochamad Zamroni dan Elly Dwi Pudjiastuti diantara lebih dari 600 orang warga SMPN 23 Surabaya

Michaela Newnham didampingi Mochamad Zamroni dan Elly Dwi Pudjiastuti diantara lebih dari 600 orang warga SMPN 23 Surabaya

“Saya kagum dengan sekolah kalian yang ternyata tidak menghasilkan sampah non organik, khususnya sampah plastik, bungkus makanan dan minuman sekali pakai seperti yang umumnya dihasilkan oleh banyak sekolah,” kata Michaela Newnham yang mengenakan kemeja lengan panjang dengan berkaca mata untuk mengurangi silau sinar matahari ini.

Program hutan sekolah di SMPN 23 yang sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu juga membuat kagum Michaela, yang tahun 2001-2002 sudah pernah tinggal di Surabaya ini. “Hutan sekolah kalian berfungsi seperti taman nasional mini,” kata Michaela Newnham di depan lebih dari 600 orang siswa dan guru SMPN 23 yang duduk lesehan di tengah lapangan olah raga baru.

Mengenai taman nasional, Michaela Newnham memanfaatkan kesempatan itu untuk menjelaskan kepada warga SMPN 23 Surabaya bahwa Amerika Serikat memiliki banyak taman nasional diresmikan sejak awal tahun 1900. Sedangkan diantara taman nasional yang ada di Jawa Timur, disebutkan Michaela, adalah Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Taman Nasional Baluran.

Michaela Newnham melakukan tanya jawab dengan siswa SMPN 23 Surabaya

Michaela Newnham melakukan tanya jawab dengan siswa SMPN 23 Surabaya

Pada Roadshow Surabaya Eco School 2014 yang didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan PT Dharma Lautan Utama ini, Michaela juga mencicipi minuman khas sekolah yang dikepalai oleh Elly Dwi Pudjiastuti ini. Minuman syarat nuansa lingkungan hidup itu adalah Kuping Kepo. Yaitu minuman olahan dari kulit pisang kepo, yang merupakan produk unggulan wirausaha lingkungan hidup ecopreneur SMPN 23. (ron)