SMAN 14 Serukan Konservasi Air di Car Free Day

SURABAYA – Kampanye lingkungan hidup khususnya konservasi air SMAN 14 Surabaya menyemarakkan Car Free Day Darmo, Minggu (30/11) pagi. Kampanye ini melibatkan 21 orang kader lingkungan hidup yang terdiri dari 12 kader kelas 10, 8 kader kelas 11, 1 kader kelas 12. Titik kumpul pada kampanye ini berada di depan gedung Bank BII. Tepat pukul 07.00 WIB semua kader telah berkumpul dan siap untuk kampanye lingkungan. 

Tim lingkungan hidup SMAN 14 Surabaya kampanye Kurangi Sampah Plastik sebagai bagian dari konservasi air di Car Free Day Jl Raya Darmo

Tim lingkungan hidup SMAN 14 Surabaya kampanye Kurangi Sampah Plastik sebagai bagian dari konservasi air di Car Free Day Jl Raya Darmo

Kampanye ini merupakan realisasi challenge khusus pasca workshop III Surabaya Eco School 2014 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali. Challenge khusus yang dimaksud adalah melakukan kampanye di pusat keramaian.

Pada kampanye ini, para kader berjalan menyusuri Jalan Raya Darmo sambil membawa poster dan brosur. Poster dan brosur itu berisi ajakan untuk mengurangi dihasilkannya sampah plastik. Salah satu isi dari poster ini berbunyi “Diet Plastic Now”. Mereka Berjalan sambil meneriakkan ajakan-ajakan peduli lingkungan. “Ayo sampahnya dibuang pada tempatnya ya,” ujar Lia, salah satu kader kelas 10.

Tak lama, brosur yang berjumlah 150 lembar dibagikan kepada pejalan kaki atau pesepeda yang kebetulan lewat. Brosur tersebut ada yang dibaca dan adapula yang langsung dibuang oleh pejalan kaki. “Yah, paling tidak kita sudah berusaha mengingatkan mereka tentang lingkungan yang mereka kotori,” ujar Yasmin. (fatih/sman14)