Evakuasi Kolam Lele SDN Pradah Kalikendal I

SURABAYA – Kader lingkungan SDN Pradah Kalikendal I kembali melakukan aksi lingkungan pada masa liburan semester. Aksi lingkungan hidup, yang dilaksanakan Senin (29/12), ini adalah mengevakuasi ikan lele dari kolam lele di green house SDN Pradah Kalikendal I, sekolah terbaik III Surabaya Eco School 2014 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali. 

Kader lingkungan hidup SDN Pradah Kalikendal I dengan lele yaang dipindahkan dari kolam yang retak di green house sekolah

Kader lingkungan hidup SDN Pradah Kalikendal I dengan lele yaang dipindahkan dari kolam yang retak di green house sekolah

Aksi ini termasuk aksi yang tidak direncanakan sebelumnya. Aksi ini dilakukan, karena sejak sehari sebelumnya, kolam lele SDN Pradah Kalikendal I mengalami keretakan pada dinding-dindingnya yang menyebabkan air dalam kolam tersebut menjadi habis. Keadaan ini tentu saja tidak bisa dibiarkan berlangsung lama.

Beberapa tindakan segera dilakukan. Diantaranya adalah melakukan evakuasi (pemindahan) ikan-ikan lele yang ada ke tempat yang lebih baik untuk sementara. Beberapa tong sampah besar yang telah dicuci bersih dijadikan tempat sementara pemeliharaan lele sampai kolam lele selesai direnovasi.

Meski menyita waktu liburan mereka, para kader lingkungan ini tetap bersuka ria melakukan aktivitas evakuasi ikan lele ini. Para kader lingkungan yang terlibat ini adalah Dela Septiani, Fani, Ifa, Ferna, Marbella, Riska, Faisal, Ezra, Alam, Yanto, Dedi, Iqbal, dan Raihan dengan didampingi guru pembina lingkungan hidup SDN Pradah Kalikendal I Dian Sofamarita serta dibantu petugas kebersihan sekolah, Suwito.

Pada akhirnya, para kader lingkungan ini berhasil memindahkan sekitar 150 ekor ikan lele. Mereka berharap pemindahan ini tidak menyebabkan pertumbuhan lele menjadi terganggu. Para kader lingkungan ini bersedia meluangkan sejenak waktu liburan mereka untuk melakukan aktivitas cinta lingkungan. (dian/ro)