Panen Pupuk Cair

SURABAYA – Setelah cukup lama menunggu, sekitar tiga pekan, akhirnya berhasil juga panen pupuk cair milik salah satu anggota dari Team Puring SMP Negeri 4 Surabaya Surya Adinata P. Berkat pengalamannya menjadi kader lingkungan hidup SMP Negeri 4 Surabaya, Surya mampu membuat pupuk cair sendiri di rumahnya. Bahannya adalah air, gula merah dan kulit jeruk.

pupukcairsuryaSebenarnya panen pupuk cair milik Surya Adinata bukan pertama kalinya, tapi ia sudah pernah memanen pupuk cairnya sendiri sebanyak dua kali sebelumnya. Dan berkat kemampuan Surya membuat pupuk cair, Surya juga mampu mengajarkan cara pembuatan pupuk cair pada warga setempat sekitar tempat tinggalnya yang dimana waktu itu kampungnya mengikuti Lomba Merdeka Dari Sampah yang lolos 125 besar dan lolos 50 besar berkat pupuk cairnya.

Pada panen kali ini Surya Adinata berhasil memanen pupuk cairnya sendiri sebanyak 12 liter pupuk cair. Rencananya pupuk cair miliknya sebagian akan dijual dan sebagian akan dibuat untuk souvenir dari sosialisasinya di kampung. Dan tak lupa ia membungkus pupuk cairnya dengan botol bekas, sehingga mampu mengurangi volume sampah plastik yang ada. (*)