SDN Pradah Kalikendal I Siap Panen Sawo

SURABAYA – Salah satu tanaman buah yang dimiliki oleh SDN Pradah Kalikendal I adalah sawo. Menjadi menarik untuk dibahas karena pada saat ini tanaman sawo di sekolah yang berlokasi di Jalan HR Muhammad ini sedang berbuah lebat dan siap dipetik buahnya dalam waktu dekat ini. 

Tanaman sawo SDN Pradah Kalikendal I yang siap panen dalam waktu dekat ini

Tanaman sawo SDN Pradah Kalikendal I yang siap panen dalam waktu dekat ini

Tanaman sawo yang ada di sekolah terbaik ketiga Surabaya Eco School 2014 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali ini ditanam dalam media pot ukuran besar dan diletakkan di depan green house sekolah.

Buah Sawo (Acrhras zapota L) atau yang biasa disebut neesbery atau sapodilas adalah tanaman buah yang berasal dari Guatemala (Amerika Tengah), Mexico dan Hindia Barat. Namun di Indonesia, tanaman sawo telah lama dikenal dan banyak ditanam mulai dari dataran rendah sampai tempat dengan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut (dpl).

Di Indonesia, tanaman sawo ini sangat familiar ditanam di Jawa dan Madura. Cita rasa manis dan masirnya sawo menjadikan buah ini banyak disukai orang. Dibalik rasa manis dan masir yang dimiliki buah sawo, buah sawo ini juga mengandung zat gizi serta
manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Buah tanaman ini juga bisa tumbuh sepanjang tahun, tidak hanya pada bulan tertentu saja. (dian)