Seleksi Environment Exchange ke Australia Akan Digelar Februari 2015

SURABAYA – Awarding Surabaya Eco School 2014 telah dilaksanakan 6 Desember lalu. Namun, bukan berarti program Surabaya Eco School 2014 telah tuntas. Masih ada beberapa agenda yang merupakan rangkaian program yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pembangkitan Jawa-Bali. 

Alex Sandra Herlina, guru SMAK St Louis 1 Surabaya saat presentasi pada seleksi Environment Exchange Australia - Indonesia tahun lalu

Alex Sandra Herlina, guru SMAK St Louis 1 Surabaya saat presentasi pada seleksi Environment Exchange Australia – Indonesia tahun lalu00

Diantara agenda Surabaya Eco School 2014 yang masih akan dilaksanakan awal tahun 2015 ini adalah pelaksanaan Environmental Education Exchange Australia – Indonesia bagi siswa, guru dan kepala sekolah terbaik. Exchange ini akan dilaksanakan di Australia Barat. Sedangkan tahapan akhir seleksinya akan dilaksanakan 20-22Februari 2015.

“Total 5 orang warga sekolah akan diberangkatkan ke Australia Barat untuk mengikuti beragam program lingkungan hidup yang akan diorganisir oleh mitra lingkungan hidup Tunas Hijau di Australia, yaitu Millennium Kids, Inc,” kata Aktivis Senior Tunas Hijau Mochamad Zamroni. 5 orang tersebut terdiri dari 2 orang siswa, 2 orang guru dan 1 orang kepala sekolah.

Dijelaskan oleh Aktivis Senior Tunas Hijau Anggriyan Permana, bahwa tahapan akhir seleksi tersebut adalah presentasi masing-masing individu kandidat. “Presentasi yang dimaksud adalah kiprah diri dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah dan Surabaya. Penilaian kiprah diri yang dimaksud adalah sampai dengan pelaksanaan presentasi,” ujar Anggriyan Permana.

Budiarti, mantan kepala SDN Bubutan IV Surabaya saat presentasi pada seleksi Environment Exchange Australia - Indonesia tahun lalu

Budiarti, mantan kepala SDN Bubutan IV Surabaya saat presentasi pada seleksi Environment Exchange Australia – Indonesia tahun lalu

Jadwal presentasi siswa, guru dan kepala sekolah berbeda. Jadwal presentasi siswa akan dilaksanakan Jumat, 20 Februari. Jadwal presentasi kepala sekolah adalah Sabtu, 21 Februari. Sedangkan jadwal presentasi guru adalah Minggu, 22 Februari. Tim juri pada sesi presentasi ini rencananya adalah utusan Tunas Hijau, Dinas Kebersihan Pertamanan, Dinas Pendidikan, PT Pembangkitan Jawa-Bali dan pemerhati lingkungan hidup.

Peserta seleksi exchange tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Peserta seleksi exchange tahun 2014 hanya dibatasi individu warga sekolah peraih penghargaan Eco Person of the Week dan Eco Person of the Year tahun sebelumnya. Sedangkan peserta seleksi tahun ini terbuka bagi setiap kader lingkungan hidup sekolah. (ron)