Walikota Surabaya Ajak Hijaukan Pantai Kenjeran

SURABAYA – Ajakan untuk gemar menanam pohon disampaikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini kepada lebih dari 400 orang siswa, guru dan kepala sekolah Launching Surabaya Eco School 2015 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, Rabu (8/7), di Graha Sawunggaling. 

Walikota Surabaya Tri Rismaharini ajak masyarakat Surabaya gemar menanam pohon pada Launching Surabaya Eco School 2015

Walikota Surabaya Tri Rismaharini ajak masyarakat Surabaya gemar menanam pohon pada Launching Surabaya Eco School 2015

“Saya menanam sedikitnya 1 pohon setiap hari. Bila saya gak sempat menanam pohon pada suatu hari karena kesibukan, maka saya menyuruh orang lain untuk menggantikan saya menanam pohon,” ujar Tri Rismaharini pada sambutan Launching Surabaya Eco School 2015. Risma yang juga walikota terbaik ketiga dunia ini bahkan membeli sendiri pohon untuk ditanam pekan lalu.

Melalui Surabaya Eco School 2015 yang mengangkat tema “Lanjutkan Konservasi Air Surabaya, Kembalikan Siklus Air” ini, Risma mengajak sekolah-sekolah Surabaya untuk menghijaukan Pantai Kenjeran dengan pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia) seperti yang sebelumnya sudah dilakukan di pantai ini.

Menurut Risma, jenis pohon cemara udang yang dipilih bukan tanpa alasan. “Akar pohon cemara udang ini kuat menancap di dalam tanah dan melindungi daratan. Terbukti di pesisir Aceh utara dan Phuket, Thailand terselamatkan dari bencana tsunami bila dibandingkan daerah yang lain tanpa pepohonan cemara udang,” ujar Walikota Surabaya ini.

Sementara itu, pada pelaksanaan Surabaya Eco School 2014, Tunas Hijau telah menanam 500 pohon cemara udang di pantai Kenjeran ini. Penanaman pohon cemara udang saat itu bahkan tergolong istimewa. Pasalnya, penanaman itu melibatkan perwakilan ketua OSIS SMP dan SMA/SMK kota/kabupaten seluruh Indonesia peserta Kongres Pelajar Nusantara. (yongki/ro)