Challenge Pekan 5 Surabaya Eco School 2016

Jamak diketahui bahwa isu lingkungan hidup bukanlah menyoal teori. Lingkungan hidup adalah menyoal praktek yang dilakukan setiap individu dan dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan dan perilaku. 

Penyisihan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2016 menjadi pamungkas pelaksanaan pekan 4.

Penyisihan Lomba Yel-Yel Lingkungan Hidup Surabaya Eco School 2016 menjadi pamungkas pelaksanaan pekan 4.

Demikian juga dengan program Surabaya Eco School 2016 yang diselenggarakan Tunas Hijau bersama Pemerintah Kota Surabaya, serta didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, PT Dharma Lautan Utama dan PO Mentari Pagi.

Pada pekan kelima (1-6 November) pelaksanaan Surabaya Eco School 2016 yang mengangkat tema Zero Waste, challenge/tema/tantangan yang dihadirkan adalah mengenai gerakan bersama keluarga kader lingkungan hidup untuk mengolah sampah.

Selengkapnya, Challenge/Tantangan/Tema Pekan 5 (1 – 6 November) Surabaya Eco School 2016 adalah: Realisasi Keluarga Zero Waste kepada sedikitnya 10 keluarga kader lingkungan hidup sekolah.

Poin Realisasi Keluarga Zero Waste yang dimaksud adalah:

  1. Upaya pengurangan sampah kemasan produk, diantaranya dengan membeli produk dalam kemasan besar daripada sachet/kecil, dll;
  2. Upaya pengurangan sampah plastik tas belanja, diantaranya dengan menghindari kresek saat belanja dan membawa tas belanja yang bisa digunakan berulang kali;
  3. Pemilahan sampah non organik berdasarkan jenisnya ditindaklanjuti dengan pengolahan secara tuntas. Pengolahan secara tuntas berarti bisa dengan menjualnya/ menyumbangkannya kepada pemulung atau pengepul atau bank sampah terdekat. Diantara jenis sampah non organik adalah sampah kaleng, plastik dan kertas;
  4. Promosi aktivitas lingkungan hidup keluarga melalui mesia sosial dengan #zerowastesurabayaecoschool #surabayaecoschool #keluargazerowasteses2016 #ses2016 sedikitnya sekali dalam sepekan.

Semua bukti realisasi Keluarga Zero Waste tersebut berupa dokumentasi foto yang diunggah melalui akun facebook masing-masing dengan menandai akun facebook page Tunas Hijau Indonesia, dan/atau melalui akun instagram masing-masing dengan menandai akun instagram @tunashijauid  (ron)