Sekilas

Bersih, Hijau dan Indahnya Bumi atau Suatu Kota Berawal Dari Sekolah. Kalimat pembuka itu adalah suatu ungkapan yang menunjukkan sangat strategisnya fungsi dan peran sekolah dalam menentukan keberhasilan proses pembangunan, termasuk juga pembangunan lingkungan hidup berkelanjutan.

Hal ini menandakan bahwa untuk menyimpulkan bahwa suatu kota atau kabupaten bersih, hijau dan indah, maka cukup dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di kota/kabupaten tersebut. Bila ternyata bersih, hijau dan indahnya sekolah-sekolah yang dikunjungi ternyata hanya karena peran beberapa petugas kebersihan tanpa partisipasi segenap warga sekolah, maka hal yang sama juga pasti akan terjadi pada kondisi di luar sekolah. Begitu pula sebaliknya.

Strategisnya peran dan fungsi sekolah tersebut menunjukkan bahwa kepedulian lingkungan hidup tidak hanya tentang sarana dan prasarana. Faktor non fisik khususnya perilaku peduli dan berbudaya lingkungan hidup segenap warga sekolah menjadi faktor yang lebih utama dari penyiapan sarana dan prasarana.

Pada tahun 2011 program Surabaya Eco School telah cukup berhasil mendorong 120 sekolah (SMP dan SMA/SMK) di Surabaya memiliki berbagai program unggulan lingkungan hidup dengan melibatkan peran serta aktif segenap warga sekolah.

Pada tahun 2012 program Surabaya Eco School telah cukup berhasil mendorong 230 sekolah (SD, SMP dan SMA/SMK) di Surabaya memiliki berbagai program dengan menerapkan ekonomi hijau dalam program lingkungan hidup berkelanjutan yang melibatkan segenap warga sekolah.

Pada rencana penyelenggaraan tahun 2013 program Surabaya Eco School ini, seluruh sekolah di Surabaya akan dilibatkan dalam program lingkungan hidup yang tahun ini bertema “Wujudkan Konservasi Air di Sekolah”.

Tema air, yang merupakan tema penyelenggaraan Surabaya Eco School 2013 , merupakan upaya nyata menyikapi fenomena bahwa air laut telah banyak masuk ke dalam tanah di daratan Surabaya, semakin banyaknya air hujan yang hanya mengalir di atas permukaan tanah dan dampak perubahan iklim yang semakin mudah dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Tema “Wujudkan Konservasi Air di Sekolah” yang menjadi tema Surabaya Eco School 2013 juga sesuai dengan tema internasional tahun 2013 yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yaitu Tahun 2013 sebagai Tahun Kerjasama Air Internasional.